Powered By Blogger

Kamis, 26 Desember 2013

Analisis PT. Bank Mandiri Tbk


1.     Jenis dan Bentuk Perusahaan PT. Bank Mandiri Tbk

·         Jenis Perusahaan PT. Bank Mandiri Tbk
         PT. Bank Mandiri Tbk merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang Jasa Keuangan. Bank Mandiri adalah salah satu bank terkemuka di Indonesia yang memberikan pelayanan kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & Retail, Consumer Finance serta Treasury, Financial Institution & Special Asset Management. Bank ini adalah peleburan dari 4 bank pemerintah yaitu Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia, dimana masing-masing bank tersebut memiliki peran yang tak terpisahkan dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Produk dan Jasa dari bank mandiri antara lain :
o Simpanan ( Mandiri Tabungan-Giro-Deposito  Rupiah dan Asing )
o E-Banking ( Mandiri ATM, Mandiri Debit, Mandiri SMS dll )
o Kartu Kredit ( Mandiri MasterCard dan Mandiri Visa )

·         Bentuk Perusahaan PT. Bank Mandiri Tbk
         Bentuk perusahaan Bank Mandiri adalah Perseroan Terbatas (PT) terbuka yang menjual sahamnya kepada masyarakat melalui pasar modal ( Go Public ) dan diperjual belikan melalui bursa saham.  Merupakan bank terbesar di Indonesia dalam hal asset, pinjaman dan deposit  Bank Mandiri juga  memiliki  anak perusahaan diantaranya :
o PT Usaha Gedung Bank Dagang Negara (Pengelolaan Properti)
o PT Bumi Daya Plaza (Pengelolaan Properti)
o PT Bank Syariah Mandiri (Perbankan Syariah)
o PT Mandiri Sekuritas (Jasa dan layanan Pasar Modal)
o Mandiri Tunas Finance (Jasa Pembiayaan)
o Mandiri AXA General Insurance (Asuransi Umum)

2.     Permodalan PT. Bank Mandiri Tbk

·         Arti Modal Perusahaan
Modal adalah dana dari pemilik atau pendiri perusahaan untuk membiayai semua keperluan perusahaan dalam menjalankan aktivitas dimana modal dapat berupa uang dan juga tenaga (keahlian) dimana modal juga dapat dijadikan untuk mengembangkan usaha perusahaan menjadi lebih maju dan sukses.

·         Sumber Modal
Modal internal yaitu modal dari pemilik saham dimana pada Bank Mandiri ini kepimilikan saham dipegang oleh Pemerintah 70% dan Publik 30%, pada penyetoran modal 2 tahun lalau yaitu tanggal 31-03-2011 Bank Mandiri menyetorkan modal sebesar Rp 52,68 Triliun. Sedangkan untuk Modal Eksternal yaitu dapat berupa pinjaman baik dari Bank Sentral maupun Bank Asing, Relasi Bisnis dan Perusahaan lain. Pada tanggal 24-10-2011 Bank Mandiri mendapatkan pinjaman Valas ( Valuta Asing ) sebesar 500 juta dollar AS pinjaman billateral dari bank asing itu berjangka waktu 3-5 tahun dengan dana yang ada.

3.     Evaluasi Keberhasilan Perusahaan Dilihat dari Sisi Anggota/ Karyawan

·         Efek-Efek Ekonomis Bank Mandiri
Salah satu hubungan penting Bank Mandiri dengan anggota atau karyawan dimana karyawan yang juga sebagai nasabah yaitu karyawan dapat tahu skema atau pekerjaan dari bank tersebut, jadi karyawan tidak perlu ragu dengan kinerja atau kegiatan dari Bank Mandiri sudah sesuai aturan atau kaidah atau belum.

·         Efek Harga dan Efek Biaya
Partisipasi karyawan dan nasabah untuk menabung, meminjam dana dsb dapat menentukan keberhasilan dari bank tersebut. Dimana apabila nasabah meminjam dana akan di kalkulasikan dana yang ia pinjam dengan bunga yang telah disepakati antara nasabah dan juga bank itu sendiri.

·         Analisis Hubungan Ekonomis dengan Keberhasilan Bank Mandiri
Bank Mandiri berkomitmen untuk membangun hubungan jangka panjang berdasarkan kepercayaan dengan nasabah kami baik perusahaaan dan individu. Dengan adanya hubungan tersebut nasabah dan Bank akan mendapatkan keuntungan atau sering disebut dengan simbiosis mutualisme.

·         Penyajian dan Analisis Neraca Pelayanan
Bila suatu bank bisa lebih memenuhi pelayanan yang diinginkan oleh nasabah maka partisipasi dari nasabah akan terus meningkat. Untuk lebih meningkatkan pelayanannya kepada para nasabah bank harus memberikan suatu inovasi untuk para nasabah agar tetap menggunakan jasa bank tersebut,tidak pindah ke bank lain. Salah satu faktor bank harus meningkatkan pelayanan terhadap nasabah yaitu adanya tekanan persaingan dari bank lain.

4.     Evaluasi Keberhasilan Koperasi Dilihat dari Sisi Perusahaan

·         Efisiensi Perusahaan PT. Bank Mandiri Tbk
PT. Bank Mandiri Tbk mengajak seluruh perseroan yang menjadi mitranya manfaatkan fasilitas Cash Management ( Payment, Collection, Liquidity dan Finance ). Tidak hanya memiliki tapi aktif menggunakan fasilitas tersebut demi Efisiensi pengelolaan keuangan Bank Mandiri. Karena seluruh transaksi dapat termonitor, sehingga dapat berkompetisi dengan perusahaan luar negeri atau multinasional dalam peta persaingan global.

·       Efektivitas PT. Bank Mandiri Tbk
            Efektivitas adalah pencapaian target output yang diukur dengan cara membandingkan output anggarannya. Bank mandiri memproyeksikan pertumbuhan PDB pada 2014 yang menguat dari tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2013 sebesar 5,7% akan menguat menjadi 5,8% pada tahun 2014.

·         Produktivitas PT. Bank Mandiri Tbk
Bank mandiri membukukan total aset hingga Rp 700,1 Triliun pada triwulan III/2013 naik 19% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kinerja positif pada sisi intermediasi ditujukkan dengan penyaluran kredit yang mencapai Rp 450,8 Triliun mampu memacu pertumbuhan laba bersih perusahaan hingga 15,1% dari Rp 11,1 T pada triwulan III/2012 menjadi Rp 12,8 T pada triwulan III/2013.

·         Analisis Laporan PT. Bank Mandiri Tbk
Analisa laporan keuangan Bank Mandiri merupakan bagian dari laporan pertanggungjawaban bank tersebut. Dimana laporan itu dapat dijadikan sebagai salah satu bukti evaluasi kemajuan Bank tersebut. Laporan keuangan bank secara komprehensif berisi :
1.       Likuiditas
2.       Solvabilitas
3.       Aktivitas
4.       Profitabilitas

Referensi :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar