Powered By Blogger

Rabu, 13 Mei 2015

Hasil Audit Manajemen Pemasaran Pada PT.ABC (Samaran)


MAKALAH PEMERIKSAAN AKUNTANSI 2 (AUDIT)
AUDIT PEMASARAN STUDI KASUS PADA PT. ABC (SAMARAN)





Kelompok :
1.       FARREL FEBRINAL R.P            22212765
2.       FIRDIANADA NABILA    22212974


Kelas   :           3EB14

Universitas Gunadarma
Fakultas Ekonomi
Tahun 2015




Depok, 13 Mei 2015

No                   : 001/KLS/V/2015
Lampiran         :
Perihal             : Laporan Hasil Audit Manajemen

Kepada
Yth. Direktur PT. ABC
Di
Jakarta
           
            Kami telah melakukan audit pemasaran pada perusahaan PT.ABC untuk periode 2014. Audit kami tidak dimaksudkan untuk memberikan pendapat atas kewajaran keuangan perusahaan dan oleh karenanya kami tidak memberikan pendapat atas kewajaran laporan keuangan perusahaan tersebut. Audit kami hanya mencakup pengujian sistem pengendalian manajemen dan kebijakan distribusi. Selain itu audit yang kami lakukan di perusahaan PT.ABC akan memberikan saran bagi perusahaan tersebut agar lebih baik lagi dalam menjalankan kegiatan perusahaan dan mengurangi kesalahan atau kekurangan dalam menjalani kegiatan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan.
            Hasil audit kami sajikan dalam bentuk laporan audit yang meliputi :
Bab I   : Informasi Latar Belakang
Bab II  : Kesimpulan Audit yang Didukung dengan Temuan Audit
Bab III : Rekomendasi
Bab IV: Ruang Lingkup Audit
            Dalam melaksanakan audit kami telah memperoleh banyak bantuan, dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak baik jajaran direksi maupun staff yang berhubungan dengan pelaksanaan audit ini. Untuk itu kami mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan bantuannya selama pengerjaan audit ini.
                                                                                                       Tim Audit

Firdianada dan Farrel


BAB 1
INFORMASI LATAR BELAKANG

            PT. ABC didirikan pada bulan Juni tahun 2010, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang property. Dimana dalam pembuatan property mengikuti zaman yang sedang berkembang saat ini. Property yang dihasilkan dilengkapi dengan fasilitas fasilatas yang cocok untuk keluarga, contohnya dilengkapi dengan taman bermain anak, jogging track, kolam ikan dan pepohonan sejuk dimana fungsinya untuk menghijaukan daerah perumahan yang dibangun.
            Dimulai dari kantor yang berdaya tampung sedikit dan Marketing Executive yang masih terbatas. Saat ini PT.ABC mulai berkembang dari tahun ke tahun sampai sekarang telah memasuki tahun ke 3-nya. PT.ABC  kini mempunyai Marketing Executive sekitar 20 orang, serta ruang kantor yang sudah memadai.
MISI 
            Misi PT.ABC adalah menjadi agen mitra properti anda di setiap trade area. Untuk mencapai hal ini perusahaan  mengutamakan kepuasan customer dengan memberikan pelayanan yang terbaik. Kami memiliki tanggung jawab dalam bekerja membantu anda untuk proses transaksi pembelian, penjualan, investasi dan manajemen properti.
VISI
            Customer yang bekerja sama dengan PT.ABC karena mereka merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan oleh team kami, yang terus menjadi organisasi yang progresive. Suatu organisasi yang menyediakan jangkauan layanan (service) properti yang lengkap dan terus berkembang.
Komitmen perusahaan adalah kepuasan klien. Pelayanan pribadi adalah bagian penting dari setiap transaksi, tetapi tidak selalu terjamin. kami berkomitmen untuk menawarkan suara nasihat untuk membantu anda memenuhi kebutuhan anda, apapun itu membeli, menjual, menyewa, dan berinvestasi.
Aplikasi yang terampil pengalaman bagi setiap klien kota – kota kita merupakan tempat yang kompleks, yang berisi berbagai jenis pasar real estate. Pemahaman pasar-pasar ini memerlukan campuran pengetahuan lokal dan fokus pada perspektif yang lebih luas gambar. Perusahaan kami terstruktur untuk modal pada baik pengetahuan lokal kami dan pengetahuan kolektif.
Keberhasilan memerlukan adaptif, lingkungan belajar untuk real estate grup yang akan sukses harus terus melebihi kebutuhan yang sangat luas lintas bagian dari klien dengan beragam kebutuhan perumahan di berbagai pasar. Kesuksesan perusahaan terletak pada kemampuan untuk membangun atas hasil yang solid dan pengalaman, sementara selalu menjaga satu langkah maju dari para pesaing kami.

Tujuan dilakukannya audit adalah untuk        :
1.      Menilai bagaimana perusahaan melaksanakan setiap program/aktivitas pemasaran untuk mencapai tujuannya melalui pengelolaan sumber daya yang ekonomis dan efisien.
2.      Menilai bagaimana kebijakan produk, kebijakan penetapan harga, kebijakan distribusi, serta kebijakan promosi dan publikasi yang diterapkan perusahaan.
3.      Memberikan berbagai saran perbaikan atas kelemahan Fungsi Pemasaran yang ditemukan.

  

BAB II
KESIMPULAN AUDIT

Berdasarkan temuan (bukti) yang kami peroleh selama audit yang kami lakukan, kami dapat menyimpulkan hasil audit kami terhadap PT.ABC adalah sebagai berikut:

1. Kondisi
1.      Perusahaan tidak menjadikan tanggung jawab  sosial perusahaan sebagai kriteria dalam pengambilan keputusan
2.      Sistem informasi pemasaran kurang memadai
3.      Sumber daya yang dianggarkan untuk mencapai tujuan pemasaran belum tepat
4.      Perusahaaan memiliki target penjualan pada setiap bulannya
5.      Strategi pemasaran perusahaan belum sempurna.
2. Kriteria
1.      Perusahaan harus dapat menghasilkan produk yang memiliki ragam inovasi, sehingga dapat menarik minat konsumen dalam hal ini yaitu disain bangunan yang menarik.
2.      SDM yang cerdas dan kreatif sangat di butuhkan guna menghasilkan ide-ide dan ragam inovasi guna meningkatkan kemajuan perusahaan.
3.      Menggunakan bahan baku pembangunan yang berkualitas baik guna mempertahankan kepercayaan konsumen.
4.      Perusahaan dalam melakukan aktivitas pemasarannya harus memiliki strategi yang jelas dan terstruktur sesuai yang diinginkan perusahaan.
3. Penyebab
1.      Perusahaan tidak maksimal dalam pengecekan akhir terhadap bangunan yang sudah siap huni.
2.      Perusahaan belum menerapkan adanya analisis biasa dan audit pemasaran.
3.      Persaingan dengan perusahaan property lain.
4. Akibat
1.      Ditemukan bangunan yang kurang kokoh yang tidak sesuai dengan rencana awal perusahaan
2.      Tidak bisa memaksimalkan target yang sudah direncanakan akibatnya pengendalian aktivitas perusahaan hanya mencapai 70%-90%.
3.      Customer memilih perusahaan property lain  yang sesuai dengan seleranya masing-masing.
4.      Perusahaan tidak menyediakan tempat peribadatan di sekitar lokasi property



Daftar Ringkasan Temuan Audit
No.
Kondisi
Kriteria
Penyebab
Akibat
1.       
Perusahaan tidak menjadikan tanggung jawab  sosial perusahaan sebagai kriteria dalam pengambilan keputusan

Perusahaan harus dapat menghasilkan produk yang memiliki ragam inovasi dalam hal ini yaitu desain bangunan yang menarik.
Perusahaan hanya berorientasi terhadap penjualan
Costumer harus keluar perumahaan untuk melakukan  kegiatan ibadah seperti sholat berjama’ah karena tidak disediakannya prasarana peribadatan
2.       
Sistem informasi pemasaran kurang memadai

Dalam usaha property diharuskan memiliki sistem informasi pemasaran yang baik guna keperluan kegiatan perusahaan.
Perusahaan belum memaksimalkan SDM dalam sistem informasi pemasaran
Customer belum tertarik dengan hasil property yang perusahaan hasilkan.
3.    
Sumber daya yang dianggarkan untuk mencapai tujuan pemasaran belum tepat

Menggunakan bahan baku pembangunan yang berkualitas baik guna mempertahankan kepercayaan konsumen.

Terdapat bangunan yang tidak kokoh dan cepat rapuh dimana tidak sesuai dengan customer inginkan
Customer merasa kecewa dan berkurang rasa kepercayaannya terhadap perusahaan.
4.       
Perusahaaan memiliki target penjualan pada setiap bulannya

Dengan menghasilkan produk yang diinginkan customer perusahaan diharuskan menjual 20 unit dalam 3 bulan
Perusahaan belum maksimal dalam mengecek hasil akhir pembuatan property.
Masih terdapat struktur bangunan yang tidak sesuai dengan rencana awal.
5.       
Strategi pemasaran perusahaan belum sempurna

Perusahaan dalam melakukan aktivitas pemasarannya harus memiliki strategi yang jelas dan terstruktur sesuai yang diinginkan perusahaan.

SDM yang dimiliki perusahaan belum maksimal atau masih dibawah dari SDM perusahaan property lainnya.
Terkadang masih terdapat property yang belum terjual dan bisa menurunkan harga pasar.





BAB III
REKOMENDASI

Hasil audit yang dilakukan menemukan beberapa kelemahan yang harus menjadi perhatian manajememn perusahaan PT.ABC dimasa yang akan datang. Kelemahan ini dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu :
  1. Kelemahan yang terjadi pada pengendalian manajemen yang dilakukan perusahaan.
  2. Kelemahan yang ditimbulkan akibat minimnya SDM yang dimiliki perusahaan yang memiliki pengetahuan tentang bidang pemasaran atau berlatar belakang pendidikan tinggi.

Atas keseluruhan kelemahan yang terjadi, maka diberikan rekomendasi sebagai koreksi atau langkah perbaikan yang bisa diambil manajemen untuk memperbaiki kelemahan tersebut.

REKOMENDASI
1.      Untuk mempertahankan kualitas dan tidak mengecewakan para konsumen Perusahaan harus menggunakan bahan baku bangunan yang berkualitas baik  guna mempertahankan kepercayaan konsumen
2.      Untuk memasarkan produk property perusahaan harus melakukan kerja sama dengan perusahaan di bidang periklanan guna mempermudah kegiatan pemasaran.
3.      Menarik SDM yang memiliki pengalaman yang baik,cekatan dan mengerti bidang property dalam mengelola perusahaannya.




BAB IV
RUANG LINGKUP  AUDIT

            Sesuai dengan penugasan yang kami terima, audit yang kami lakukan hanya meliputi masalah Fungsi Pemasaran dari property yang dihasilkan oleh PT.ABC. Audit kami mencakup penilaian atas kebijakan produk, kebijakan penetapan harga, kebijakan distribusi, serta kebijakan promosi dan publikasi yang diterapkan perusahaan.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar