Powered By Blogger

Selasa, 04 Juni 2013

Kasus Dalam Pembangunan Daerah


Dalam perencanaan pembangunan suatu daerah selalu tidak mulus jalannya, ada hambatan-hambatannya sebagai berikut
a.       Seakan sudah menjadi tradisi apabila ada kucuran dana yang awalnya diperuntukkan untuk
pembangunan suatu daerah namun ada saja aliran dana yang melenceng dari semestinya yang sering dikenal dengan sebutan “KORUPSI”
Sebagai contoh kasus korupsi PON Riau 2012 lalu,dalam kenyataannya diadakannya suatu event yg memang rutin diadakan 4 tahun sekali ini selain mencetak atlet-atlet nasional yang berprestasi namun juga untuk membangunkan suatu daerah agar lebih maju,dimana dibangunkannya venue-venue olahraga yang nantinya fasilitas-fasilitas olahraga bisa dinikmati warga daerah namun di manfaatkan oleh orang-orang yang tidak bermoral sebagai lahan menambah pundi-pundi kekayaannya. Bahkan Gubernur Riau Rusli Zainal disebut-sebut terlibat dan mendapatkan uang senilai 500 juta rupiah, dan dia juga menekankan agar DPRD Riau mau membantu mengocorkan dana untuk pelaksanaan PON tersebut. Sungguh sangat disayangkan karena yang tadinya anggaran DPRD Riau bisa digunakan untyuk membangun sarana dan prasarana dan juga bisa lebih memanfaatkannya untuk masyarakat daerah sana yang mana sudah taat membayar pajak namun dananya malah di pakai untuk pribadi, Ironis. Berita lengkapnya bisa di klik di sini http://www.tempo.co/read/news/2013/05/31/078484713/Hari-Ini-Pemeriksaan-Perdana-untuk-Rusli-Zainal
b.      Adanya persoalan Konflik internal di daerah tersebut.
Terhambatnya pembangunan di daerah-daerah perbatasan antara lain merupakan buntut dari persoalan konflik internal di daerah tersebut. Akibatnya, pembangunan perbatasan masih belum bisa mengupayakan kesejahteraan rakyatnya.
Hal tersebut dikatakan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Umar Anggara Jenie di sela-sela seminar "Masalah Pembangunan di Perbatasan: Upaya Pengentasan Kemiskinan dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat" di LIPI Jakarta, Senin (16/2). "Level paradigma penanganan persoalan konflik di perbatasan harus diganti dengan pembangunan kesejahteraan wilayahnya," ungkap Umar.
Menurutnya, banyaknya warga miskin di daerah tertinggal menjadi masalah yang ironi. Sebab, ketertinggalan itu justru memicu persoalan lain, seperti masalah sosial, keamanan, serta masalah kebangsaan.
Selain itu, lemahnya koordinasi antarinstansi termasuk penyaluran modal masih belum jernih sehingga penundaan lebih kerap terjadi. "Ditambah lagi permasalahan warisan yang ditinggalkan penjajahan yang mengakibatkan kemiskinan yang berlarut-larut," tambah Umar.
Perlu penanganan multi disiplin dan kerja sama berbagai pemangku kepentingan, dalam upaya pembangunan daerah tertinggal. Pemerintah dalam satu sisi berfungsi sebagai promotor serta memberi stimulus fiskal, papar Umar. Sedangkan lembaga lainnya bisa masuk dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, dan masalah upaya pembangunan sumber daya manusia.
·         Pendapat saya terhadap kasus diatas
Sebenarnya sangat disayangkan adanya masalah atau hambatan-hambatan tersebut yang tadinya diperuntukkan untuk kemajuan suatu daerah namun ada saja halangannya, untuk masalah korupsi memang sudah seperti tradisi dalam indonesia. Korupsi harus diberantas kasihan rakyat menengah kebawah yang seharusnya mendapatkan sarana-prasarana dari anggaran daerah jadi tidak dapat memanfaatkannya. Untuk masalah konflik internal suatu daerah seharusnya bisa disikapi dewasa karena tujuannya untuk memajukan daerahnya agar tidak tertinggal dari daerah lainnya.

·         Cara Menanggulangi Kasus diatas
a.  Menerapkan sanksi pidana yang maksimal secara tegas, selain hukuman diharuskannya ada hukuman “Pemiskinan” buat  para koruptor yang sudah merenggut kebahagiaan masyarakat.
b. Para penentu kebijakan, baik di bidang pemerintahan maupun di bidang penegakan hukum harus memiliki kesamaan visi, profesionalisme, komitmen, tanggungjawab dan integritas moral yang tinggi dalam menyelesaikan kasus-kasus korupsi
c. Mengeluarkan dan membicarakan kesulitan, jika adanya ketidaksetujuan atau ketidaksepahaman boleh dibicarakan di depan masyarakat agar jelas jalan temunya seperti apa.
d. Terkadang kita tidak diperbolehkan untuk egois jadi kita harus memikirkan kepentingan bersama diatas segalanya dalam hidup di lingkungan masyarakat.

·         Kesimpulan
Pembangunan suatu daerah memang sangat penting karena tidak mungkin suatu negara dikatakan Maju apabila ada daerah di negaranya yang sangat Kurang diperhatikan oleh pemerintahnya. Jadi pemerintah harusnya bisa bersikap lebih teliti dan tegas dalam memberikan anggaran ke suatu daerah. Jangan hanya di pulau-pulau besar saja namaun di daerah terkecil hingga perbatasan harus diperhatikan oleh pemerintah agar pembangunan daerah di indonesia dapat dilaksanakan secara menyeluruh.

Source:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar