KATA
PENGANTAR
Puji
dan Syukur kami panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan
perlindunganNya, kami dapat menyelesaikan makalah Pengantar Komputer Teknologi
Informasi 1 B yang berjudul “ Windows 7 Pada Bisnis Event Organizer ”.
Kami
menyadari bahwa dalam penulisan Makalah yang kami buat ini masih jauh dari
kesempurnaan. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat
membangun guna penyempurnaan makalah ini.
Akhir kata kami ucapkan terima kasih. Semoga makalah ini
dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi kami dan umumnya bagi pembaca.
Depok, Januari 2013-01-18
Penulis
ISI
I.
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
EO adalah event organizer , artinya
adalah mengorganisir kegiatan yang bersifat evently (sewaktu-waktu) tidak
kontinyu dan obyek yang di kerjakan selalu berubah. Dari yang bergerak di
bidang pertunjukan musik, pameran produk (mobil, komputer, handycraft), sampai
wedding pun tersedia. Event Organizer (EO) adalah sebuah jasa yang bertujuan
untuk mempermudah orang menyelenggarakan sebuah acara agar ter-organize dengan
baik dan lancar.
Event Organizer sudah berkembang
pesat di negeri kita. Dari yang bergerak di bidang pertunjukan musik, pameran
produk (mobil, komputer, handycraft), sampai wedding pun tersedia. Di bidang
training juga dikenal profesi ini, biasa di sebut Training Event Organizer
(TEO). Nah, tulisan ini bertujuan memberikan sharing sejauh mana perkembangan
Training Event Organizer di tanah air, kemampuan dasar apa agar sukses menjadi
EO, dan benefit apa saja yang kita akan dapatkan dengan menggeluti profesi
EO ini?
Selengkapnya akan dijelaskan
dalam makalah ini tentang dunia EO dan berbagai hal yang berkaitan dengan EO.
1.2
Rumusan Masalah
Jelaskanlah
apa saja yang terdapat dalam dunia EO, dan jelaskan berbagai hal yang berkaitan dengan EO, dan juga pemanfaatan
sistem operasi pada bisnis EO
1.3
Tujuan Masalah
Memberikan
penjelasan tentang dunia EO, dan berbagai hal yang berkaitan dengan EO
1.4
Manfaat
Untuk
mengetahui apa saja kelebihan dari berbisnis EO ini dibandingkan dengan
bisnis-bisnis yang sudah ada, dan juga pemanfaatan windows 7 pada bisnis EO
ini.
II.
Sekilas
Bisnis
Event Organizer adalah
istilah untuk penyedia jasa profesional penyelenggara acara. Meski bisa dialih
bahasakan, namun umumnya istilah aslinya tetap dipergunakan. Atau untuk lebih
mudahnya disebut EO, pada dasarnya tugas dari EO adalah membantu kliennya (client)
untuk menyelenggarakan yang diinginkan. Bisa jadi hal ini karena keterbatasan
sumber daya atau waktu yang dimiliki klien. Namun penggunaan jasa EO juga
dimungkinkan dengan alasan penyelenggaraannya profesional sehingga hasilnya
lebih bagus dari pada dikerjakan sendiri.
Menurut
buku “EO, 7 langkah jitu membangun bisnis Event Organizer” ditulis oleh
profesional Event Organizer, Yudhi Megananda, EO dalam konteks sebagai sebuah
bisnis memiliki definisi sebagai berikut : Usaha dalam bidang jasa yang secara
sah ditunjuk oleh kliennya, guna mengorganisasikan rangkaian seluruh acara,
mulai dari perencanaan, persiapan, eksekusi hingga evaluasi, dalam rangka
membantu mewujudkan tujuan yang diharapkan klien untuk membuat acara.
Event
Organizer dapat diartikan juga sebagai penyedia jasa professional penyelenggara
sebuah acara. Contohnya antara lain seperti launching product, company
gathering, anniversary, exhibitions, seminar, promosi, talkshow dan sebagainya,
dari tahap persiapan sampai dengan event berjalan lancar dengan baik.
Event-event yang biasa ditangani sebuah event organizer berupa pertunjukan
musik, pameran produk (mobil, computer, kerajinan), hingga ke pernikahan. Dalam
menjalankan peran pada sebuah event acara, sebuah EO bertugas untuk
mengkoordinasi, melayani, mensupport kepentingan yang bersangkutan, misalnya
trainer, trainee, vendor training, transportasi, media massa, dan pihak-pihak
terkait lainnya. Dengan menyewa sebuah event organizer, Anda tidak perlu pusing
untuk memikirkan sebuah event karena semua hal yang berkaitan dengan jalannya
event tersebut sudah dikerjakan oleh Event Organizer.
Dilihat
dari jenis acara yang diadakan, EO dapat dikategorikan menjadi:
- One Stop Service Agency: EO besar yang mampu menyelenggarakan berbagai jenis acara hingga skala internasional sekalipun.
- MICE : Kependekan dari Meeting, Incentive, Convention, Exhibition, EO yang khusus bergerak di bidang penyelenggaraan acara berbentuk pertemuan.
- Musik dan Hiburan: EO yang memiliki spesialisasi di bidang hiburan terutama musik.
- Penyelenggara Pernikahan: EO yang mengkhususkan diri membantu klien mengadakan pesta pernikahan.
- Penyelenggara Ulang Tahun: EO yang ahli membuat pesta ulang tahun termasuk untuk anak-anak.
- Penyelenggara Pribadi: EO khusus yang bergerak untuk penyelenggaraan pesta pribadi terutama bagi orang kaya.
Berkecimpung
di dunia Event Organizer memang merupakan kenikmatan tersendiri. Meskipun
seringkali kita merasa sangat kelelahan, namun di balik itu tersimpan rasa
bangga dan gembira. Rasa bangga ketika event yang kita selenggarakan sukses dan
sesuai harapan serta gembira karena dapat bekerja sama dengan tim yang
menyenangkan.
Sebelum Proses Kerja
dalam bisnis Event Organizer kita harus memerhatikan tips sebelum terjun di
dunia bisnis tersebut antara lain :
1.
Miliki spesifikasi tertentu.
Jika sudah ditetapkan pelajari seluk beluknya
secara mendalam. Di jakarta sendiri kerap diadakan beberapa seminar tentang
bagaimana mengelola sebuah EO. Misalnya event music management, dsb. Sedangkan
di Singapura sudah ada sekolah khusus dengan pendidikan jurusan semacam ini.
2.
Kumpulkan beberapa orang untuk membuat
Team.
Mereka inilah nantinya yang akan mengerjakan
beberapa tugas dengan bagian-bagian tersendiri. Kalau music management
organizer pekerjaannya tentu tidak jauh dari musik, dst.
3.
Atur acara dengan baik dan profesional.
Buat roundown acara sedetail mungkin dan
coba untuk di visualisasikan dan lakukan gladiresik. Misalnya jika Anda
melakukan dengan management artist besar, butuh profesionalisme lebih tinggi.
4.
Berikan sesuatu yang berberda.
Jangan takut untuk membuat ide yang
inovatif tapi bisa diterima masyarakat. Sebisa mungkin hindari penawaran ide
yang monoton.
5.
Tentukan segmen yang akan dibidik.
Apakah masyarakat umum, ataukah kelas
tertentu seperti kalangan menengah ke atas. Dan yang paling penting visi dan
misi dari acara tersebut harus jelas.
6.
Miliki jaringan / relasi.
Misalnya saja dengan management artist,
seperti music artist, music agency, dsb. Terkadang pihak pemakai jasa EO juga
telah memiliki sponsor-sponsor tertentu. Tapi tidak menutup kemungkinan, acara
bisa makin sukses dengan kehadiran sponsor tambahan. Jika ini dimiliki, akan
menjadi nilai plus bagi EO itu sendiri.
7.
Manajemen Emosi.
Kerja EO apalagi jika makin dekat dengan hari
H penyelenggaraan acara, biasanya amat rentan bersinggungan emosi antara
personel EO itu sendiri. Cermati dan miliki kemampuan untuk memanajemen emosi
di saat-saat seperti ini. Karena terkadang permasalahan muncul saat event
sedang berjalan. Selesaikan dengan improvisasi yang cerdas dan internal
terlebih dahulu jika menyangkut teamwork. Tapi jika menyangkut acara secara
keseluruhan ajaklah pihak klien untuk memecahkan masalah secara bersama dan
selesaikan dengan improvisasi yang cerdas dan aman untuk semuanya (untuk EO
anda, klien maupun audience).
8.
Quality Oriented.
Utamakan kualitas dan bukan profit. Jika
klien sudah membuktikan kualitas dari kerja sebuah EO, maka di kesempatan lain,
EO ini pun akan digunakan lagi jasanya. Selain itu, pihak lain yang telah
mendengar kelebihan EO ini pun akan bisa berkemungkinan menjadi klien baru.
9.
Memiliki Database.
Dalam mengelola EO, memiliki database
itu bisa berarti penting maknanya, misalkan database obyek, sponsor atau klien.
Gunakan sumber yang ada semaksimal mungkin untuk mengumpulkan database ini.
Atau bentuk tim khusus yang menangani database ini jika perlu. Teknologi
sekarang pun sudah memungkinkan untuk mengumpulkan database ini, internet
misalnya.
10.
Ide kreatif dan inovatif.
Disadari atau tidak bisnis EO adalah
bisnis komunikasi dan bisnis hiburan, kepuasan dan ketertarikan menjadi sangat
penting untuk diperhatikan. Ketika tidak ada ide cemerlang dan kreatifitas,
siap-siap gigit jari. Namun, kreatifitas memang tidak harus selalu orisinil,
mengembangkan sebuah ide yang sudah adapun bukan menjadi masalah.
11.
Modal usaha yang cukup
Dalam memulai sebuah usaha, mutlak
dibutuhkan modal. Untuk bisnis EO, kita perlu menyiapkan modal finansial
terutama untuk memenuhi keperluan-keperluan EO seperti, mengurus legalitas
usaha (CV atau PT), menyewa kantor, pengadaan alat kantor, biaya
telekomunikasi, biaya persiapan event dan lain-lain. Untuk memenuhi beberapa
hal tersebut tentunya tidak cukup dengan selembar dua lembar uang rupiah. Cukup
besar memang, kalau kita tidak mempunyai cukup banyak modal finansial, kita
bisa mencari investor.
Setelah
kita memiliki landasan tersebut baru kita dapat menjalankan bisnis tersebut,
dimana bisnis ini dibilang cukup memakan waktu dan tenaga. Proses kerja dari
bisnis Event Organizer itu antara lain :
Untuk dalam bidang
Olahraga (Sepakbola/Badminton)
o
Harus menyiapkan segala yang dibutuhkan
contohnya venue tempat diselenggarakannya serta tempat penginapan para atlet.
o
Menyusun acara satu demi satu hingga
penyelenggaraan tersebut berjalan dengan lancar.
o
Mengkoordinasikan para panitia untuk
pembagian tugas masing-masing.
Untuk Bidang seni musik
:
o
Ketua panitia dalam seni musik disebut
“promotor” harus menego dahulu dengan artis luar negri yang akan didatangkan ke indonesia
o
Selain itu EO juga harus menyediakan
fasilitas-fasilitas yang sesuai dengan artis yang akan didatangkan agar artis
tersebut mau datang kembali ke indonesia.
o
Menyediakan hotel serta sarana dan
prasarana selama dia di indonesia.
o
Mendesign latar panggung dan busana guna
memaksimalkan konser tersebut.
Secara
keseluruhan proses kerja dari EO itu bertugas untuk mengkoordinasi, melayani,
mensupport kepentingan yang bersangkutan, misalnya trainer, trainee, vendor
training, transportasi, media massa, dan pihak-pihak terkait lainnya.
Selain
itu EO juga memiliki struktur-strukturnya antara lain:
-
Project Manager : biasa nya project manager adalah seorang leader dari eo tsb,
sekaligus seorang conceptor dan penanggung jawab. Di harus kan orang yang tegas
berwawasan luas, mempunyai koneksi yang cukup baik di bidang entertaiment.
- Marketing : dalam sebuah wadah EO diharuskan
ada nya seorang marketing. Karena marketing memiliki peranan yang sangat
penting dalam memasarkan/mempromosikan content produksi dari EO tsb. (nb :
Project Manager bisa merangkap posisi ini, tapi untuk hasil lebih professional
di anjurkan untuk ber beda person)
- Public Relation : yang satu ini pasti sudah
tidak terlalu asing kan, PR juga salah satu kebutuhan premier dalam structur
EO. Biasa nya tugas nya untuk menjaga hubungan dengan relasi kerja atau pun
"supporter" (kalo EO party bisa disebut dengan istilah crowd)
- Designer : posisi ini juga sangat di butuh
kan dalam segi pembuatan design for ex: proposal, flyer, poster, website, etc.
Karena jika sebuah EO tidak memiliki se orang designer pribadi akan menjadi
masalah. (tidak mungkin kan kalo setiap ingin buat proposal/flyer hire proff
design, buang extra budget pastinya)
- Lawyer : hanya untuk professional EO yang
sudah memiliki PT sendiri, untuk kepengurusan jalur hukum.
Proses Kerja EO:
Sebuah
manajemen EO dalam mendapatkan kontrak kerjanya bisa melalui pemasaran
(marketing) maupun melalui permintaan klien. Untuk pemasaran sendiri yaitu EO
mempresentasikan produk yang ditawarkan kepada klien, apabila klien tertarik
oleh produk yang ditawarkan baru akan dilakukan kontrak kerja. Media pemasaran
juga semakin luas kaitannya jika mampu menggunakan fasilitas internet dengan
bijak, dalam dunia maya tidak terbatas dengan siapa kita akan mempromosikan
jasa kita. Menawarkan jasa melalui blog maupun jejaring sosial tentu akan
membantu proses pemasaran sebuah EO, semakin banyak kita memasarkan jasa pasti
akan menambah jumlah kontrak kerja antara klien dengan EO.
Pada
umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis
strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut:
1. Faktor
Mikro, yaitu perantara pemasaran,pemasok,pesaing dan masyarakat.
2. Faktor
Makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial
budaya.
Dasar
pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni :
o
Product (Produk)
o
Price (harga)
o
Place (tempat)
o
Promotion (promosi)
Event
Organizer di indonesia sangat sudah pesat banyak EO yang sukses dalam
menyelenggarkan acara berikut list-list perusahaan EO yang ada di indonesia:
LIST
PERUSAHAAN EVENT ORGANIZER
·
Multikreasindo
Multikreasindo
adalah perusahaan yang bergerak di bidang ertertaint dan Showbizz di kota
Palembang.
Pada
awal berdirinya di tahun 2007 kami hanya fokus menggarap bidang media dan advertising,
seiiring dengan perkembangan zaman dan menjawab kebutuhan Klien Klien kami yang
mengeluhkan terbatasnya pilihan akan event organizer yang berkualitas dan
bonafide di kota Palembang dalam menggarap event event yang mereka tawarkan.
Sehingga
kami “MULTIKREASINDO” m enganggap perlu untuk terjun dan berekspansi ke bidang
Event Organizer.
Atas
dasar Tanggung Jawab komitment Kepercayaan dan kepuasan Klien-klien adalah hal
yang paling utama sehingga kami menganggap Klien-Klien kami adalah aset yang wajib
dijaga.
Tanpa
bermaksud memandang besar kecilnya event yang dipercayakan kepada kami “
MULTIKREASINDO” kualitas event tetaplah harga mati bagi kami.
Office
:
Jl.
Cut Nyak Dien No 16 Palembang
Telp/
fax : 0711-311781
Hp
: 0711-921.4434
·
Maximus
The organizer
Visi
dan Misi Perusahaan
VISI
Maximus
Communication merupakan Event Organizer yang handal dan dikenal pelanggan
karena mampu melayani kebutuhan perusahaan secara profesional berdasarkan
komitmen, integritas yang tinggi, inovatif dan kreatif.
MISI
Maximus
Communication memberikan produk jasa Event Organizer seutuhnya bagi pelanggan
serta membantu pelanggan di dalam memasarkan promosi perusahaan dan
mengeliminir kekurangan perusahaan untuk mencapai image positif.
Contoh
event :
o
Gathering
o
POST PRODUCTION [BODASH]
Pada tanggal 4 Desember
2007, PT Mutiara Biru Nusantara dengan bangga mendirikan "Bodash
Post", sebuah penyedia layanan dan fasilitas post production untuk Film,
Televisi dan Video
o
WEDDING ORGANIZER
Event Organizer yang
bertugas untuk menyiapkan Gedung, Catering, Dekorasi, Undangan, Slide show,
Audio Visual Support, Dokumentasi Foto & Video, Pre Wedding Photography.
·
Silhouette
Event
Yang membutuhkan jasa EO kami siap
membantu anda.
EVENT
MANAGEMENT :
-
Formal & Informal Gathering
-
Exhibition
-
Launching & Seminar
-
Outdoor & Indoor Activity
-
Award Ceremony
-
Promo Tour / Roadshow
-
Corporate Activity
·
Rote
Creative Production
Adalah
salah satu perusahaan yang bergerak di bidang periklanan, Event Organizer
lokasi kantor di JL. Kyai Tambak Deres 97, Surabaya
P : + 6281- 6544 - 1454 | F : + 6231 -
51501885
E-Mail 1 : rote_adspro@yahoo.com
E-Mail 2 : rote_bali@yahoo.com
·
Centro
Commnunications
Perusahaan
yang bergerak dibidang Event Organizer, Promotions dan Advertising dan sudah
berpengalaman selama 10 tahun dibidang ini.
ONE
STOP SERVICE.
CP
: 031 - 60644411
·
Magnificent
9 Production
Perusahaan
yang bergerak dibidang Event Organizer yang biasa mengundang artis artis luar
negri untuk tampil di indonesia
Head
Office : Jl.Mantri No.2AA
Ph:
061 - 4512099 Bali Office :
Jl.
Tukad Balian Gg. Rajawali No 25,
Denpasar
- BALI
contact
email :hello@mag9pro.com
website
:http://www.mag9pro.com
Sejauh
mana bisnis EO dibutuhkan :
-
Membantu meringankan beban penyelenggara atau penyandang dana.
-
Membantu
memberikan ide positif untuk keberhasilan pencapaian target program
-
Sebagai
penerjemahan ide dasar yang dilontarkan oleh penyandang dana.
-
Merupakan
“perpanjangan tangan” dari produk maupun jasa potensial untuk sampai kepada
konsumen. Misal : event promosi album penyanyi
-
Melaksanakan
fungsi koordinasi antarpanitia atau bagian dari kegiatan yang memiliki keterkaitan
tinggi (interdepency global ).
Keunggulan dari berbisnis Event
Organizer
Menjadi
EO memanglah tidak mudah, selain harus memiliki banyak ide brilian, anda juga
dituntut untuk dapat melakukan aksi sebaik mungkin sesuai dengan rencana saat
berada di lapangan. Namun, jika kita bisa menguasai semua hal yang dibutuhkan
oleh seorang EO, maka peluang usaha Event Organizer atau EO ini dapat menjadi
mesin pencetak uang bagi kita. Sebab, biasanya proyek pembuatan acara-acara
yang sering kita jumpai di mall-mall itu membutuhkan biaya yang sangat besar,
berkisar antara puluhan juta sampai dengan milyaran rupiah. Sisi baiknya
adalah, dari dana yang disediakan tersebut, semuanya masuk ke dalam kantong
sang EO. Namun, tentu saja pengeluaran yang dikeluarkan untuk acara-acara
seperti itu tidaklah kecil. Akan tetapi, jika sudah pandai memprediksikan dan
menghemat pengeluaran, maka keuntungan sebesar puluhan atau bahkan ratusan juta
per proyek bukanlah hal yang mustahil untuk dicapai dalam bisnis usaha EO ini.
Peran
IT dalam dunia EO amat sangat penting, karena IT selalu dipakai untuk menunjang
bisnis ini, baik untuk manajemen maupun dalam proses membuat event. Sebagai
contoh peran IT dalam membuat event sebagai berikut :
1. Membuat Proposal.
Proposal sebaiknya di buat semenarik mungkin,
karena proposal yang menarik bisa menjadi salah satu kunci ketertarikan pihak
sponsor atau klien untuk mensponsori acara kita. Untuk membuat proposal yang
menarik usahakan tidak membuat proposal yang monoton atau kuno. Gunakanlah
program-program penunjang seperi Power Point, flas, maind map, atau yang
lainnya sehingga proposal yang kita buat menjadi lebih menarik.
2. Presentasi
Pada saat presentasi adalah momen yang sangat
penting untuk membuat calon klein percaya dan yakin untuk bekerjasama dengan EO
kita, karena pada momen inilah akan terlihat apakah EO tersebut profesioanal
atau hanya EO kacangan yang sekedar mengandalkan kemampuan presentasi, meskipun
kemampuan presentasi yang baik juga merupakan hal yang sangat menentukan. Pada
saat tersebut sebaiknya kita dapat memaksimalkan teknologi yang dimiliki untuk
mendukung presentasi kita, misalnya dengan menampilkan database yang dimiliki,
design yang menarik atau bahkan bisa membuat simulasi acara dengan menggunakan
program pendukung seperti 3D Studio Max atau yang lainnya.
3. Time Table
Dalam membuat time table bisa menggunakan
bermacam software, seperti Microsoft Project, Mind Map, Microsoft Excel atau
yang lainnya. Yang terpenting isi dari time table tersebut harus detil, mulai
dari item pekerjaan, penanggung jawab, dateline, prioritas dan perkembangan
dari project. Karena hal tersebut bisa dijadikan bahan untuk di diskusikan atau
di evaluasi pada saat meeting.
4. Data Base
Data Base yang lengkap dan baik akan sangat
membantu EO dalam mengerjakan sebuah project. Karena dalam mengerjakan project
kita biasanya membutuhkan data-data yang lengkap, misalnya data sponsor, artis,
perlengkapan, venue dan lain sebagainya. Alangkah baiknya setiap kita membuat
event data-data tersebut kita simpan dalam sebuah data base karena kelak data
tersebut dapat digunakan oleh seorang Project Manager untuk mengerjakan
projectnya.
5. Report
Banyak EO membuat laporan hanya untuk external
atau klien, sedangkan laporan internal yang dibuat hanya laporan keuangannya
saja. Padahal report ini sangat membantu pada saat kita akan membuat event yang
sama di waktu mendatang. Laporan keuangan wajib dibuat tapi dalam isi laporan
tersebut sebainya ditambahkan dengan hasil evaluasi, data-data pendukung
project dan saran-saran apabila akan membuat event tersebut di waktu yang kan
dating. Hal ini yang dapat membuat EO kita akan selalu menjadi lebih baik
6. Internet
Pada era globalisasi saat ini Internet sudah
menjadi suatu kebutuhan yang sangat mendasar, karena dengan internet kita bisa
mencari apa yang kita butuhkan. Untuk sebuah EO sebaiknya tidak lepas dari
internet, di dunia maya ini kita bisa melihat peluang-peluang yang bisa
diambil, kita bisa mencari bahan-bahan untuk membuat konsep bahkan kita bisa
melihat arah dari pasar dan para pesaing bisnis. Selama kita bisa memanfaatkan
informasi yang ada di internet maka EO kita tidak akan ketinggalan dengan EO
yang lain, dan konsep-konsep yang kita tawarkan ke klien tidak akan menjadi
konsep yang monoton atau kuno.
Masih banyak lagi manfaat Teknologi yang bisa
membantu perkembangan bisnis EO kita, misalnya untuk design, akunting,
administrasi dan yang lainnya bahkan untuk mengembangkan ide-ide kreatif dari
sebuah EO. Oleh karena itu jangan sampai EO kita menjadi EO yang gaptek.
III.
Sistem
Operasi
Pengertian Windows 7
Windows
7 adalah rilis terkini Microsoft Windows yang menggantikan Windows Vista.
Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk
publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya,
Windows Vista.
Tidak
seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih
fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel
dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan
Windows Vista. Presentasi Microsoft tentang Windows 7 pada tahun 2008 lebih
fokus pada dukungan multi-touch pada layar, desain ulang taskbar yang sekarang
dikenal dengan nama Superbar, sebuah sistem jaringan rumahan bernama HomeGroup,
dan peningkatan performa. Beberapa aplikasi standar yang disertakan pada versi
sebelumnya dari Microsoft Windows, seperti Windows Calendar, Windows Mail,
Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, tidak disertakan lagi di
Windows 7 kebanyakan ditawarkan oleh Microsoft secara terpisah sebagai bagian
dari paket Windows Live Essentials yang gratis.
Kelebihan
Windows 7
•
Booting lebih cepat
Durasi
waktu booting ( booting delay time ) lebih cepat
•
Irit Konsumsi daya
Konsumsi
daya lebih irit, sehingga lebih stabil dari pada windows Vista karena konsumsi
daya yang lebih sedikit
•
Optimasi dalam prefetching
Optimasi
pada proses load data untuk HD maupun SSD
•
Adanya aplikasi Device Storage
Fitur
baru untuk memudahkan kita menampilkan semua hal yang berhubungan dengan
peripheral tertentu, seperti fitur konfigurasi dan dan dokumentasi.
•
Anda dapat memilih Jaringan Wireless Hanya dengan 1 klik dari system tray
•
Mendukung Teknologi multi touch ( layar sentuh )
•
System pencarian data yang lebih cepat
•
Tampilan dan aplikasi Lebih Menarik , antara lain:
a. Snap
Dapat
membuka aplikasi secara bersamaan dan ditampilkan bersebelahan
b. Home
Group
System
jaringan yang dapat menghubungkan beberapa PC untuk proses berbagi file dan
peripheral
c. Jump
List
Memudahkan
membuka kembali salah satu dari beberapa aplikasi yang berjalan dengan hanya
klik pada pin dengan cepat
d. Windows
Media Center
Dapat
merekam siaran TV, nonton TV online
e. Windows
Live Essentials
Pengguna
dapat mengakses data offline dan melakukan berbagai hal untuk foto, video dan
hal lainnya
f. Web
Slices
Aplikasi
untuk memotong bagian yang ditargetkan dari sebuah situs yang kemudian
ditempatkan di toolbar Internet Explorer 8 untuk referensi yang mudah dan cepat
g. Parental
Control
Adanya
kontrol dalam membatasi akses pada anak-anak,misal :pengaturan waktu dan lama
akses yang diperbolehkan pada anak
Kekurangan
Windows 7 :
1.
Beberapa aplikasi belum support dengan Windows 7
2. Masih ada bug pada Windows Player 12
3. Ada hardware yang bisa langsung dikenali di
OS sebelumnya tetapi tidak di Windows 7
4. Software yang sebelumnya bisa dipaksa untuk
dipasang di Vista, tidak dapat dipaksa dipasang di Windows 7
5. Banyak perbedaan antara versi starter dan
ultimate
Windows
7 sendiri terdiri dari 6 versi. Versi-versi tersebut adalah:
1. Windows 7 Starter. Versi paling minim fitur,
antara lain tidak ada windows aero. Tidak dijual bebas, hanya akan ada dalam
sebuah paket dalam system computer.
2. Windows 7 Home Basic. Memasukkan beberapa
fungsi windows aero, tidak dijual di Negara maju. Jadi versi ini hanya akan
dijual di negara-negara yang dikategorikan belum maju.
3.
Windows 7 Home Premium. Ditujukan untuk pengguna rumahan. Fungsi windows aero
terpasang lengkap, tapi tidak ada fungsi remote desktop yang memungkinkan kita
mengontrol windows 7 secara remote. Fungsi windows XP mode juga tidak ada.
4. Windows 7 Professional. Ditujukan untuk
bisnis kecil da pengguna khusus. Fiturnya seperti Home Premium namun
ditambahkan remote desktop, windows XP mode dan bisa bergabung dalam sebuah
domain windows server.
5. Windows 7 Enterprise. Ditujukan untuk
perusahaan, tidak dijual untuk umum. Fitur tambahan antara lain BitLocker yang
mampu mengekskripsi hardisk.
6. Windows 7 Ultimate. Mempunyai fitur yang sama
dengan versi enterprise, namun ditujukan untuk pengguna rumahan. Versi yang
akan dijual bebas adalah versi Home Premium dan Professional, dari kedua versi
ini, pengguna bisa melakukan upgrade ke versi windows 7 ultimate.
IV.
Pemanfaatan Sistem Operasi Pada Bisnis
Pada
windows 7 aplikasi atau software yang digunakan pada bisnis EO antara lain:
§ Windows
Movie Maker
Windows Live Movie Maker 2011 adalah perangkat lunak yang
merupakan bagian dari Windows Live Essentials 2011. Fungsi utama program
ini adalah untuk melakukan olah digital terhadap
cuplikan-cuplikan gambar bergerak (film), misalnya untuk menambahkan animasi, efek visual ataupun sebuah redaksi singkat yang
berhubungan dengan film yang sedang disunting.
Secara default, menu utama yang ditampilkan adalah:
- Home
- Animations
- Visual Effect
- Project
- View
Pada saat ada berkas film yang dibuka, secara otomatis ribbon
program ini menambah 2 menu lagi (meskipun terkadang tidak muncul secara
bersamaan), yaitu:
- Video Tools Edit
- Text Tools Format
Program kecil ini hanya memiliki berbagai fitur dasar penyuntingan video yang sangat sederhana, namun sudah
mencukupi bagi para pengguna pemula.
§ Adobe
Photoshop 7.0
Adobe Photoshop, atau biasa disebut
Photoshop, Sotosop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems
yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat
lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan
sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak
pengolah gambar, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik
yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut
dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Photoshop
CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , dan versi yang terakhir
(kesebelas) adalah Adobe Photoshop CS4.
Photoshop tersedia untuk Microsoft
Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem
operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti
CrossOver.
Fitur dari Adobe Photoshop
Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk
menyunting gambar untuk cetakan berbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini
juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web. Beberapa versi
terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan, Adobe ImageReady, untuk keperluan
tersebut.
Photoshop juga
memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media,
animasi, dan authoring buatan-Adobe lainnya. File format asli Photoshop, .PSD,
dapat diekspor ke dan dari Adobe ImageReady. Adobe Illustrator, Adobe Premiere
Pro, After Effects dan Adobe Encore DVD untuk membuat DVD profesional,
menyediakan penyuntingan gambar non-linear dan layanan special effect seperti
background, tekstur, dan lain-lain untuk keperluan televisi, film, dan situs
web. Sebagai contoh, Photoshop CS dapat digunakan untuk membuat menu dan tombol
(button) DVD.
Photoshop dapat
menerima penggunaan beberapa model warna:
• RGB color
model
• Lab color
model
• CMYK color
model
• Grayscale
• Bitmap
• Duotone
Versi
terbarunya, yang dirilis pada tahun 2005, adalah versi 9. Program ini
dipasarkan dengan nama “Photoshop CS2.” “CS” merefleksikan integrasi produk
Photoshop dengan aplikasi “Creative Suite buatan Adobe dan disebut “2″ karena
program ini adalah versi rilis ke-2 sejak Adobe mengintegrasikan kedua
produknya. Ada beberapa pada tambahan pada Photoshop CS2 seperti multiple layer
selecting dan “warp,” versi kurva dari transform tool dan color replacement tool,
yang sebelumnya hadir sebagai plug-in 8BF.
Untuk para
penggemar fotografi, Adobe menyediakan filter “reduce grain” (mengurangi grain)
yang dapat membantu mengoptimalkan foto yang diambil pada kondisi kekurangan
cahaya. Untuk “memperjelas” perbedaan produk CS dengan produk-produk Photoshop
sebelumnya, Adobe menghilangkan lambang mata Photshop, yang dipresentasikan
dalam bentuk yang berbeda-beda sejak versi 3 sampai versi 7. Photshop CS dan
CS2 kini menggunakan bulu sebagai ikon dan bentuk identifikasinya.
Tools dari Adobe Photoshop.
Tool dalam Adobe Photoshop adalah alat yang dapat
membantu pengguna dalam mengedit. Adobe Photoshop CS3 memilikit 59 tool yang
dapat dipakai oleh pengguna. Tool – tool tersebut terdiri dari berbagai macam
tool dengan kegunaan yang spesifik. Beberapa tool – tool yang ada di Photoshop
antara lain :
• History Brush
Tool
• Eraser Tool
• Path
Selection Tool
• Direct
Selection tool
• Pen Tool
• Shape Tool
• Brush Tool
• Audio
Annotation Tool
• Eyedropper
Tool
§ Microsoft Office
Software ini berfungsi sebagai pendataan dimana dalam microsoft office ini
terdapat
-
Microsoft office word 2007
Untuk word kita dapat menggunakannya sebagai software untuk membuat
proposal atau makalah.
-
Microsoft office excel 2007
Untuk proses pendataan secara aritmatika dimana pada bisnis EO ini
digunakan di bagian keuangan agar tidak terjadi kesalahan dalam anggaran.
-
Microsoft office PowerPoint 2007
Sebagai software yang diguanakan pada saat persentasi ke klien.
-
Microsoft office Access 2007
Suatu program aplikasi basis data komputer relasional yang digunakan untuk merancang,
membuat dan mengolah berbagai jenis data dengan kapasitas yang besar.
V.
Penutup
Dari
apa yang sudah dibahas diatas ada beberapa yang dapat disimpulkan bahwa,
pembuatan jasa atau produk yang diinginkan oleh konsumen harus menjadi fokus
kegiatan operasional maupun perencanaan sebuah EO. Kualitas dan harga menjadi
faktor yang sangat penting dalam mendapatkan klien. Pekerjaan yang mampu
menghasilkan produk yang bagus tentu didukung oleh Sumber Daya Manusia yang
memadai. Pemasaran yang berkesinambungan harus adanya kordinasi yang baik
dengan berbagai pihak ( tidak hanya dibagian pemasaran saja ), sehingga dapat
menciptakan sinergi di dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran. Proses
pemasaran yang baik akan mempengaruhi dalam mendapatkan kontrak kerja dari
klien. Sistem operasi windows 7 bisnis EO ini akan membantu cara kerja EO
dimana seperti yang dijelaskan tadi untuk mengedit, mendata dan mendesign
diperlukan sistem operasi windows 7.
‘
Daftar
Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar