Powered By Blogger

Senin, 21 Januari 2013

Windows 7 pada Bisnis Event Organizer


KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur kami panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan perlindunganNya, kami dapat menyelesaikan makalah Pengantar Komputer Teknologi Informasi 1 B yang berjudul “ Windows 7 Pada Bisnis Event Organizer ”.
Kami menyadari bahwa dalam penulisan Makalah yang kami buat ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna penyempurnaan makalah ini.
Akhir kata kami ucapkan terima kasih. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi kami dan umumnya bagi pembaca.
Depok, Januari 2013-01-18


Penulis




ISI
I.                  Pendahuluan
1.1  Latar Belakang
EO adalah event organizer , artinya adalah mengorganisir kegiatan yang bersifat evently (sewaktu-waktu) tidak kontinyu dan obyek yang di kerjakan selalu berubah. Dari yang bergerak di bidang pertunjukan musik, pameran produk (mobil, komputer, handycraft), sampai wedding pun tersedia. Event Organizer (EO) adalah sebuah jasa yang bertujuan untuk mempermudah orang menyelenggarakan sebuah acara agar ter-organize dengan baik dan lancar.
Event Organizer sudah berkembang pesat di negeri kita. Dari yang bergerak di bidang pertunjukan musik, pameran produk (mobil, komputer, handycraft), sampai wedding pun tersedia. Di bidang training juga dikenal profesi ini, biasa di sebut Training Event Organizer (TEO). Nah, tulisan ini bertujuan memberikan sharing sejauh mana perkembangan Training Event Organizer di tanah air, kemampuan dasar apa agar sukses menjadi EO, dan benefit apa saja yang kita akan dapatkan dengan menggeluti profesi EO ini?
Selengkapnya akan dijelaskan dalam makalah ini tentang dunia EO dan berbagai hal yang berkaitan dengan EO.
1.2 Rumusan Masalah
Jelaskanlah apa saja yang terdapat dalam dunia EO, dan jelaskan berbagai hal yang  berkaitan dengan EO, dan juga pemanfaatan sistem operasi pada bisnis EO
1.3 Tujuan Masalah
Memberikan penjelasan tentang dunia EO, dan berbagai hal yang  berkaitan dengan EO
1.4 Manfaat
Untuk mengetahui apa saja kelebihan dari berbisnis EO ini dibandingkan dengan bisnis-bisnis yang sudah ada, dan juga pemanfaatan windows 7 pada bisnis EO ini.
II.               Sekilas Bisnis
Event Organizer adalah istilah untuk penyedia jasa profesional penyelenggara acara. Meski bisa dialih bahasakan, namun umumnya istilah aslinya tetap dipergunakan. Atau untuk lebih mudahnya disebut EO, pada dasarnya tugas dari EO adalah membantu kliennya (client) untuk menyelenggarakan yang diinginkan. Bisa jadi hal ini karena keterbatasan sumber daya atau waktu yang dimiliki klien. Namun penggunaan jasa EO juga dimungkinkan dengan alasan penyelenggaraannya profesional sehingga hasilnya lebih bagus dari pada dikerjakan sendiri.
Menurut buku “EO, 7 langkah jitu membangun bisnis Event Organizer” ditulis oleh profesional Event Organizer, Yudhi Megananda, EO dalam konteks sebagai sebuah bisnis memiliki definisi sebagai berikut : Usaha dalam bidang jasa yang secara sah ditunjuk oleh kliennya, guna mengorganisasikan rangkaian seluruh acara, mulai dari perencanaan, persiapan, eksekusi hingga evaluasi, dalam rangka membantu mewujudkan tujuan yang diharapkan klien untuk membuat acara.
Event Organizer dapat diartikan juga sebagai penyedia jasa professional penyelenggara sebuah acara. Contohnya antara lain seperti launching product, company gathering, anniversary, exhibitions, seminar, promosi, talkshow dan sebagainya, dari tahap persiapan sampai dengan event berjalan lancar dengan baik. Event-event yang biasa ditangani sebuah event organizer berupa pertunjukan musik, pameran produk (mobil, computer, kerajinan), hingga ke pernikahan. Dalam menjalankan peran pada sebuah event acara, sebuah EO bertugas untuk mengkoordinasi, melayani, mensupport kepentingan yang bersangkutan, misalnya trainer, trainee, vendor training, transportasi, media massa, dan pihak-pihak terkait lainnya. Dengan menyewa sebuah event organizer, Anda tidak perlu pusing untuk memikirkan sebuah event karena semua hal yang berkaitan dengan jalannya event tersebut sudah dikerjakan oleh Event Organizer.


Dilihat dari jenis acara yang diadakan, EO dapat dikategorikan menjadi:
  • One Stop Service Agency: EO besar yang mampu menyelenggarakan berbagai jenis acara hingga skala internasional sekalipun.
  • MICE : Kependekan dari Meeting, Incentive, Convention, Exhibition, EO yang khusus bergerak di bidang penyelenggaraan acara berbentuk pertemuan.
  • Musik dan Hiburan: EO yang memiliki spesialisasi di bidang hiburan terutama musik.
  • Penyelenggara Pernikahan: EO yang mengkhususkan diri membantu klien mengadakan pesta pernikahan.
  • Penyelenggara Ulang Tahun: EO yang ahli membuat pesta ulang tahun termasuk untuk anak-anak.
  • Penyelenggara Pribadi: EO khusus yang bergerak untuk penyelenggaraan pesta pribadi terutama bagi orang kaya.

Berkecimpung di dunia Event Organizer memang merupakan kenikmatan tersendiri. Meskipun seringkali kita merasa sangat kelelahan, namun di balik itu tersimpan rasa bangga dan gembira. Rasa bangga ketika event yang kita selenggarakan sukses dan sesuai harapan serta gembira karena dapat bekerja sama dengan tim yang menyenangkan.
Sebelum Proses Kerja dalam bisnis Event Organizer kita harus memerhatikan tips sebelum terjun di dunia bisnis tersebut antara lain :
1.      Miliki spesifikasi tertentu.
 Jika sudah ditetapkan pelajari seluk beluknya secara mendalam. Di jakarta sendiri kerap diadakan beberapa seminar tentang bagaimana mengelola sebuah EO. Misalnya event music management, dsb. Sedangkan di Singapura sudah ada sekolah khusus dengan pendidikan jurusan semacam ini.

2.      Kumpulkan beberapa orang untuk membuat Team.
 Mereka inilah nantinya yang akan mengerjakan beberapa tugas dengan bagian-bagian tersendiri. Kalau music management organizer pekerjaannya tentu tidak jauh dari musik, dst.
3.      Atur acara dengan baik dan profesional.
Buat roundown acara sedetail mungkin dan coba untuk di visualisasikan dan lakukan gladiresik. Misalnya jika Anda melakukan dengan management artist besar, butuh profesionalisme lebih tinggi.
4.      Berikan sesuatu yang berberda.
Jangan takut untuk membuat ide yang inovatif tapi bisa diterima masyarakat. Sebisa mungkin hindari penawaran ide yang monoton.
5.      Tentukan segmen yang akan dibidik.
Apakah masyarakat umum, ataukah kelas tertentu seperti kalangan menengah ke atas. Dan yang paling penting visi dan misi dari acara tersebut harus jelas.
6.      Miliki jaringan / relasi.
Misalnya saja dengan management artist, seperti music artist, music agency, dsb. Terkadang pihak pemakai jasa EO juga telah memiliki sponsor-sponsor tertentu. Tapi tidak menutup kemungkinan, acara bisa makin sukses dengan kehadiran sponsor tambahan. Jika ini dimiliki, akan menjadi nilai plus bagi EO itu sendiri.
7.      Manajemen Emosi.
 Kerja EO apalagi jika makin dekat dengan hari H penyelenggaraan acara, biasanya amat rentan bersinggungan emosi antara personel EO itu sendiri. Cermati dan miliki kemampuan untuk memanajemen emosi di saat-saat seperti ini. Karena terkadang permasalahan muncul saat event sedang berjalan. Selesaikan dengan improvisasi yang cerdas dan internal terlebih dahulu jika menyangkut teamwork. Tapi jika menyangkut acara secara keseluruhan ajaklah pihak klien untuk memecahkan masalah secara bersama dan selesaikan dengan improvisasi yang cerdas dan aman untuk semuanya (untuk EO anda, klien maupun audience).
8.      Quality Oriented.
Utamakan kualitas dan bukan profit. Jika klien sudah membuktikan kualitas dari kerja sebuah EO, maka di kesempatan lain, EO ini pun akan digunakan lagi jasanya. Selain itu, pihak lain yang telah mendengar kelebihan EO ini pun akan bisa berkemungkinan menjadi klien baru.
9.      Memiliki Database.
Dalam mengelola EO, memiliki database itu bisa berarti penting maknanya, misalkan database obyek, sponsor atau klien. Gunakan sumber yang ada semaksimal mungkin untuk mengumpulkan database ini. Atau bentuk tim khusus yang menangani database ini jika perlu. Teknologi sekarang pun sudah memungkinkan untuk mengumpulkan database ini, internet misalnya.
10.  Ide kreatif dan inovatif.
Disadari atau tidak bisnis EO adalah bisnis komunikasi dan bisnis hiburan, kepuasan dan ketertarikan menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Ketika tidak ada ide cemerlang dan kreatifitas, siap-siap gigit jari. Namun, kreatifitas memang tidak harus selalu orisinil, mengembangkan sebuah ide yang sudah adapun bukan menjadi masalah.



11.  Modal usaha yang cukup
Dalam memulai sebuah usaha, mutlak dibutuhkan modal. Untuk bisnis EO, kita perlu menyiapkan modal finansial terutama untuk memenuhi keperluan-keperluan EO seperti, mengurus legalitas usaha (CV atau PT), menyewa kantor, pengadaan alat kantor, biaya telekomunikasi, biaya persiapan event dan lain-lain. Untuk memenuhi beberapa hal tersebut tentunya tidak cukup dengan selembar dua lembar uang rupiah. Cukup besar memang, kalau kita tidak mempunyai cukup banyak modal finansial, kita bisa mencari investor.
Setelah kita memiliki landasan tersebut baru kita dapat menjalankan bisnis tersebut, dimana bisnis ini dibilang cukup memakan waktu dan tenaga. Proses kerja dari bisnis Event Organizer itu antara lain :
Untuk dalam bidang Olahraga (Sepakbola/Badminton)
o   Harus menyiapkan segala yang dibutuhkan contohnya venue tempat diselenggarakannya serta tempat penginapan para atlet.
o   Menyusun acara satu demi satu hingga penyelenggaraan tersebut berjalan dengan lancar.
o   Mengkoordinasikan para panitia untuk pembagian tugas masing-masing.
Untuk Bidang seni musik :
o   Ketua panitia dalam seni musik disebut “promotor” harus menego dahulu dengan artis luar negri  yang akan didatangkan ke indonesia
o   Selain itu EO juga harus menyediakan fasilitas-fasilitas yang sesuai dengan artis yang akan didatangkan agar artis tersebut mau datang kembali ke indonesia.
o   Menyediakan hotel serta sarana dan prasarana selama dia di indonesia.
o   Mendesign latar panggung dan busana guna memaksimalkan konser tersebut.
Secara keseluruhan proses kerja dari EO itu bertugas untuk mengkoordinasi, melayani, mensupport kepentingan yang bersangkutan, misalnya trainer, trainee, vendor training, transportasi, media massa, dan pihak-pihak terkait lainnya.
Selain itu EO juga memiliki struktur-strukturnya antara lain:
- Project Manager : biasa nya project manager adalah seorang leader dari eo tsb, sekaligus seorang conceptor dan penanggung jawab. Di harus kan orang yang tegas berwawasan luas, mempunyai koneksi yang cukup baik di bidang entertaiment.
 - Marketing : dalam sebuah wadah EO diharuskan ada nya seorang marketing. Karena marketing memiliki peranan yang sangat penting dalam memasarkan/mempromosikan content produksi dari EO tsb. (nb : Project Manager bisa merangkap posisi ini, tapi untuk hasil lebih professional di anjurkan untuk ber beda person)
 - Public Relation : yang satu ini pasti sudah tidak terlalu asing kan, PR juga salah satu kebutuhan premier dalam structur EO. Biasa nya tugas nya untuk menjaga hubungan dengan relasi kerja atau pun "supporter" (kalo EO party bisa disebut dengan istilah crowd)
 - Designer : posisi ini juga sangat di butuh kan dalam segi pembuatan design for ex: proposal, flyer, poster, website, etc. Karena jika sebuah EO tidak memiliki se orang designer pribadi akan menjadi masalah. (tidak mungkin kan kalo setiap ingin buat proposal/flyer hire proff design, buang extra budget pastinya)
 - Lawyer : hanya untuk professional EO yang sudah memiliki PT sendiri, untuk kepengurusan jalur hukum.


Proses Kerja EO:
Sebuah manajemen EO dalam mendapatkan kontrak kerjanya bisa melalui pemasaran (marketing) maupun melalui permintaan klien. Untuk pemasaran sendiri yaitu EO mempresentasikan produk yang ditawarkan kepada klien, apabila klien tertarik oleh produk yang ditawarkan baru akan dilakukan kontrak kerja. Media pemasaran juga semakin luas kaitannya jika mampu menggunakan fasilitas internet dengan bijak, dalam dunia maya tidak terbatas dengan siapa kita akan mempromosikan jasa kita. Menawarkan jasa melalui blog maupun jejaring sosial tentu akan membantu proses pemasaran sebuah EO, semakin banyak kita memasarkan jasa pasti akan menambah jumlah kontrak kerja antara klien dengan EO.
Pada umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut:
1.      Faktor Mikro, yaitu perantara pemasaran,pemasok,pesaing dan masyarakat.
2.      Faktor Makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial budaya.
Dasar pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni :
o   Product (Produk)
o   Price (harga)
o   Place (tempat)
o   Promotion (promosi)
Event Organizer di indonesia sangat sudah pesat banyak EO yang sukses dalam menyelenggarkan acara berikut list-list perusahaan EO yang ada di indonesia:


LIST PERUSAHAAN EVENT ORGANIZER
·         Multikreasindo
Multikreasindo adalah perusahaan yang bergerak di bidang ertertaint dan Showbizz di kota Palembang.

Pada awal berdirinya di tahun 2007 kami hanya fokus menggarap bidang media dan advertising, seiiring dengan perkembangan zaman dan menjawab kebutuhan Klien Klien kami yang mengeluhkan terbatasnya pilihan akan event organizer yang berkualitas dan bonafide di kota Palembang dalam menggarap event event yang mereka tawarkan.

Sehingga kami “MULTIKREASINDO” m enganggap perlu untuk terjun dan berekspansi ke bidang Event Organizer.

Atas dasar Tanggung Jawab komitment Kepercayaan dan kepuasan Klien-klien adalah hal yang paling utama sehingga kami menganggap Klien-Klien kami adalah aset yang wajib dijaga.

Tanpa bermaksud memandang besar kecilnya event yang dipercayakan kepada kami “ MULTIKREASINDO” kualitas event tetaplah harga mati bagi kami.
Office :
Jl. Cut Nyak Dien No 16 Palembang
Telp/ fax : 0711-311781
Hp : 0711-921.4434

·         Maximus The organizer

Visi dan Misi Perusahaan
VISI
Maximus Communication merupakan Event Organizer yang handal dan dikenal pelanggan karena mampu melayani kebutuhan perusahaan secara profesional berdasarkan komitmen, integritas yang tinggi, inovatif dan kreatif.

MISI
Maximus Communication memberikan produk jasa Event Organizer seutuhnya bagi pelanggan serta membantu pelanggan di dalam memasarkan promosi perusahaan dan mengeliminir kekurangan perusahaan untuk mencapai image positif.
Contoh event :
o   Gathering

o   POST PRODUCTION [BODASH]
Pada tanggal 4 Desember 2007, PT Mutiara Biru Nusantara dengan bangga mendirikan "Bodash Post", sebuah penyedia layanan dan fasilitas post production untuk Film, Televisi dan Video

o   WEDDING ORGANIZER
Event Organizer yang bertugas untuk menyiapkan Gedung, Catering, Dekorasi, Undangan, Slide show, Audio Visual Support, Dokumentasi Foto & Video, Pre Wedding Photography.
·         Silhouette Event
Yang membutuhkan jasa EO kami siap membantu anda.
EVENT MANAGEMENT :
- Formal & Informal Gathering
- Exhibition
- Launching & Seminar
- Outdoor & Indoor Activity
- Award Ceremony
- Promo Tour / Roadshow
- Corporate Activity

·         Rote Creative Production
Adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang periklanan, Event Organizer lokasi kantor di JL. Kyai Tambak Deres 97, Surabaya
 P : + 6281- 6544 - 1454 | F : + 6231 - 51501885
 E-Mail 1 : rote_adspro@yahoo.com
 E-Mail 2 : rote_bali@yahoo.com

·         Centro Commnunications
Perusahaan yang bergerak dibidang Event Organizer, Promotions dan Advertising dan sudah berpengalaman selama 10 tahun dibidang ini.
ONE STOP SERVICE.
CP : 031 - 60644411

·         Magnificent 9 Production
Perusahaan yang bergerak dibidang Event Organizer yang biasa mengundang artis artis luar negri untuk tampil di indonesia
Head Office : Jl.Mantri No.2AA
Ph: 061 - 4512099 Bali Office :
Jl. Tukad Balian Gg. Rajawali No 25,
Denpasar - BALI
contact email :hello@mag9pro.com
website :http://www.mag9pro.com
Sejauh mana bisnis EO dibutuhkan :
-          Membantu meringankan beban penyelenggara atau penyandang dana.
-          Membantu memberikan ide positif untuk keberhasilan pencapaian target program
-          Sebagai penerjemahan ide dasar yang dilontarkan oleh penyandang dana.
-          Merupakan “perpanjangan tangan” dari produk maupun jasa potensial untuk sampai kepada konsumen. Misal : event promosi album penyanyi
-          Melaksanakan fungsi koordinasi antarpanitia atau bagian dari kegiatan yang memiliki keterkaitan tinggi (interdepency global ).
Keunggulan dari berbisnis Event Organizer
Menjadi EO memanglah tidak mudah, selain harus memiliki banyak ide brilian, anda juga dituntut untuk dapat melakukan aksi sebaik mungkin sesuai dengan rencana saat berada di lapangan. Namun, jika kita bisa menguasai semua hal yang dibutuhkan oleh seorang EO, maka peluang usaha Event Organizer atau EO ini dapat menjadi mesin pencetak uang bagi kita. Sebab, biasanya proyek pembuatan acara-acara yang sering kita jumpai di mall-mall itu membutuhkan biaya yang sangat besar, berkisar antara puluhan juta sampai dengan milyaran rupiah. Sisi baiknya adalah, dari dana yang disediakan tersebut, semuanya masuk ke dalam kantong sang EO. Namun, tentu saja pengeluaran yang dikeluarkan untuk acara-acara seperti itu tidaklah kecil. Akan tetapi, jika sudah pandai memprediksikan dan menghemat pengeluaran, maka keuntungan sebesar puluhan atau bahkan ratusan juta per proyek bukanlah hal yang mustahil untuk dicapai dalam bisnis usaha EO ini.
Peran IT dalam dunia EO amat sangat penting, karena IT selalu dipakai untuk menunjang bisnis ini, baik untuk manajemen maupun dalam proses membuat event. Sebagai contoh peran IT dalam membuat event sebagai berikut :
1.      Membuat Proposal.
 Proposal sebaiknya di buat semenarik mungkin, karena proposal yang menarik bisa menjadi salah satu kunci ketertarikan pihak sponsor atau klien untuk mensponsori acara kita. Untuk membuat proposal yang menarik usahakan tidak membuat proposal yang monoton atau kuno. Gunakanlah program-program penunjang seperi Power Point, flas, maind map, atau yang lainnya sehingga proposal yang kita buat menjadi lebih menarik.
2.      Presentasi
 Pada saat presentasi adalah momen yang sangat penting untuk membuat calon klein percaya dan yakin untuk bekerjasama dengan EO kita, karena pada momen inilah akan terlihat apakah EO tersebut profesioanal atau hanya EO kacangan yang sekedar mengandalkan kemampuan presentasi, meskipun kemampuan presentasi yang baik juga merupakan hal yang sangat menentukan. Pada saat tersebut sebaiknya kita dapat memaksimalkan teknologi yang dimiliki untuk mendukung presentasi kita, misalnya dengan menampilkan database yang dimiliki, design yang menarik atau bahkan bisa membuat simulasi acara dengan menggunakan program pendukung seperti 3D Studio Max atau yang lainnya.
3.      Time Table
 Dalam membuat time table bisa menggunakan bermacam software, seperti Microsoft Project, Mind Map, Microsoft Excel atau yang lainnya. Yang terpenting isi dari time table tersebut harus detil, mulai dari item pekerjaan, penanggung jawab, dateline, prioritas dan perkembangan dari project. Karena hal tersebut bisa dijadikan bahan untuk di diskusikan atau di evaluasi pada saat meeting.
4.      Data Base
 Data Base yang lengkap dan baik akan sangat membantu EO dalam mengerjakan sebuah project. Karena dalam mengerjakan project kita biasanya membutuhkan data-data yang lengkap, misalnya data sponsor, artis, perlengkapan, venue dan lain sebagainya. Alangkah baiknya setiap kita membuat event data-data tersebut kita simpan dalam sebuah data base karena kelak data tersebut dapat digunakan oleh seorang Project Manager untuk mengerjakan projectnya.
5.      Report
 Banyak EO membuat laporan hanya untuk external atau klien, sedangkan laporan internal yang dibuat hanya laporan keuangannya saja. Padahal report ini sangat membantu pada saat kita akan membuat event yang sama di waktu mendatang. Laporan keuangan wajib dibuat tapi dalam isi laporan tersebut sebainya ditambahkan dengan hasil evaluasi, data-data pendukung project dan saran-saran apabila akan membuat event tersebut di waktu yang kan dating. Hal ini yang dapat membuat EO kita akan selalu menjadi lebih baik

6.      Internet
 Pada era globalisasi saat ini Internet sudah menjadi suatu kebutuhan yang sangat mendasar, karena dengan internet kita bisa mencari apa yang kita butuhkan. Untuk sebuah EO sebaiknya tidak lepas dari internet, di dunia maya ini kita bisa melihat peluang-peluang yang bisa diambil, kita bisa mencari bahan-bahan untuk membuat konsep bahkan kita bisa melihat arah dari pasar dan para pesaing bisnis. Selama kita bisa memanfaatkan informasi yang ada di internet maka EO kita tidak akan ketinggalan dengan EO yang lain, dan konsep-konsep yang kita tawarkan ke klien tidak akan menjadi konsep yang monoton atau kuno.
 Masih banyak lagi manfaat Teknologi yang bisa membantu perkembangan bisnis EO kita, misalnya untuk design, akunting, administrasi dan yang lainnya bahkan untuk mengembangkan ide-ide kreatif dari sebuah EO. Oleh karena itu jangan sampai EO kita menjadi EO yang gaptek.











III.             Sistem Operasi
Pengertian Windows 7
Windows 7 adalah rilis terkini Microsoft Windows yang menggantikan Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista.
Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista. Presentasi Microsoft tentang Windows 7 pada tahun 2008 lebih fokus pada dukungan multi-touch pada layar, desain ulang taskbar yang sekarang dikenal dengan nama Superbar, sebuah sistem jaringan rumahan bernama HomeGroup, dan peningkatan performa. Beberapa aplikasi standar yang disertakan pada versi sebelumnya dari Microsoft Windows, seperti Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, tidak disertakan lagi di Windows 7 kebanyakan ditawarkan oleh Microsoft secara terpisah sebagai bagian dari paket Windows Live Essentials yang gratis.


Kelebihan Windows 7
• Booting lebih cepat
Durasi waktu booting ( booting delay time ) lebih cepat
• Irit Konsumsi daya
Konsumsi daya lebih irit, sehingga lebih stabil dari pada windows Vista karena konsumsi daya yang lebih sedikit
• Optimasi dalam prefetching
Optimasi pada proses load data untuk HD maupun SSD
• Adanya aplikasi Device Storage
Fitur baru untuk memudahkan kita menampilkan semua hal yang berhubungan dengan peripheral tertentu, seperti fitur konfigurasi dan dan dokumentasi.
• Anda dapat memilih Jaringan Wireless Hanya dengan 1 klik dari system tray
• Mendukung Teknologi multi touch ( layar sentuh )
• System pencarian data yang lebih cepat
• Tampilan dan aplikasi Lebih Menarik , antara lain:
a.       Snap
Dapat membuka aplikasi secara bersamaan dan ditampilkan bersebelahan
b.      Home Group
System jaringan yang dapat menghubungkan beberapa PC untuk proses berbagi file dan peripheral
c.       Jump List
Memudahkan membuka kembali salah satu dari beberapa aplikasi yang berjalan dengan hanya klik pada pin dengan cepat
d.      Windows Media Center
Dapat merekam siaran TV, nonton TV online
e.       Windows Live Essentials
Pengguna dapat mengakses data offline dan melakukan berbagai hal untuk foto, video dan hal lainnya
f.       Web Slices
Aplikasi untuk memotong bagian yang ditargetkan dari sebuah situs yang kemudian ditempatkan di toolbar Internet Explorer 8 untuk referensi yang  mudah dan cepat
g.      Parental Control
Adanya kontrol dalam membatasi akses pada anak-anak,misal :pengaturan waktu dan lama akses yang diperbolehkan pada anak
Kekurangan Windows 7 :
1. Beberapa aplikasi belum support dengan Windows 7
 2. Masih ada bug pada Windows Player 12
 3. Ada hardware yang bisa langsung dikenali di OS sebelumnya tetapi tidak di Windows 7
 4. Software yang sebelumnya bisa dipaksa untuk dipasang di Vista, tidak dapat dipaksa dipasang di Windows 7
 5. Banyak perbedaan antara versi starter dan ultimate

Windows 7 sendiri terdiri dari 6 versi. Versi-versi tersebut adalah:
1.  Windows 7 Starter. Versi paling minim fitur, antara lain tidak ada windows aero. Tidak dijual bebas, hanya akan ada dalam sebuah paket dalam system computer.
2.  Windows 7 Home Basic. Memasukkan beberapa fungsi windows aero, tidak dijual di Negara maju. Jadi versi ini hanya akan dijual di negara-negara yang dikategorikan belum maju.
3. Windows 7 Home Premium. Ditujukan untuk pengguna rumahan. Fungsi windows aero terpasang lengkap, tapi tidak ada fungsi remote desktop yang memungkinkan kita mengontrol windows 7 secara remote. Fungsi windows XP mode juga tidak ada.
4.  Windows 7 Professional. Ditujukan untuk bisnis kecil da pengguna khusus. Fiturnya seperti Home Premium namun ditambahkan remote desktop, windows XP mode dan bisa bergabung dalam sebuah domain windows server.
5.   Windows 7 Enterprise. Ditujukan untuk perusahaan, tidak dijual untuk umum. Fitur tambahan antara lain BitLocker yang mampu mengekskripsi hardisk.
6.  Windows 7 Ultimate. Mempunyai fitur yang sama dengan versi enterprise, namun ditujukan untuk pengguna rumahan. Versi yang akan dijual bebas adalah versi Home Premium dan Professional, dari kedua versi ini, pengguna bisa melakukan upgrade ke versi windows 7 ultimate.





IV.              Pemanfaatan Sistem Operasi Pada Bisnis
Pada windows 7 aplikasi atau software yang digunakan pada bisnis EO antara lain:
§  Windows Movie Maker
Windows Live Movie Maker 2011 adalah perangkat lunak yang merupakan bagian dari Windows Live Essentials 2011. Fungsi utama program ini adalah untuk melakukan olah digital terhadap cuplikan-cuplikan gambar bergerak (film), misalnya untuk menambahkan animasi, efek visual ataupun sebuah redaksi singkat yang berhubungan dengan film yang sedang disunting.
Secara default, menu utama yang ditampilkan adalah:
  • Home
  • Animations
  • Visual Effect
  • Project
  • View
Pada saat ada berkas film yang dibuka, secara otomatis ribbon program ini menambah 2 menu lagi (meskipun terkadang tidak muncul secara bersamaan), yaitu:
  • Video Tools Edit
  • Text Tools Format
Program kecil ini hanya memiliki berbagai fitur dasar penyuntingan video yang sangat sederhana, namun sudah mencukupi bagi para pengguna pemula.
§  Adobe Photoshop 7.0
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, Sotosop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , dan versi yang terakhir (kesebelas) adalah Adobe Photoshop CS4.
Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.

Fitur dari Adobe Photoshop
Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web. Beberapa versi terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan, Adobe ImageReady, untuk keperluan tersebut.
 Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi, dan authoring buatan-Adobe lainnya. File format asli Photoshop, .PSD, dapat diekspor ke dan dari Adobe ImageReady. Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, After Effects dan Adobe Encore DVD untuk membuat DVD profesional, menyediakan penyuntingan gambar non-linear dan layanan special effect seperti background, tekstur, dan lain-lain untuk keperluan televisi, film, dan situs web. Sebagai contoh, Photoshop CS dapat digunakan untuk membuat menu dan tombol (button) DVD.
 Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna:
 • RGB color model
 • Lab color model
 • CMYK color model
 • Grayscale
 • Bitmap
 • Duotone
 Versi terbarunya, yang dirilis pada tahun 2005, adalah versi 9. Program ini dipasarkan dengan nama “Photoshop CS2.” “CS” merefleksikan integrasi produk Photoshop dengan aplikasi “Creative Suite buatan Adobe dan disebut “2″ karena program ini adalah versi rilis ke-2 sejak Adobe mengintegrasikan kedua produknya. Ada beberapa pada tambahan pada Photoshop CS2 seperti multiple layer selecting dan “warp,” versi kurva dari transform tool dan color replacement tool, yang sebelumnya hadir sebagai plug-in 8BF.
 Untuk para penggemar fotografi, Adobe menyediakan filter “reduce grain” (mengurangi grain) yang dapat membantu mengoptimalkan foto yang diambil pada kondisi kekurangan cahaya. Untuk “memperjelas” perbedaan produk CS dengan produk-produk Photoshop sebelumnya, Adobe menghilangkan lambang mata Photshop, yang dipresentasikan dalam bentuk yang berbeda-beda sejak versi 3 sampai versi 7. Photshop CS dan CS2 kini menggunakan bulu sebagai ikon dan bentuk identifikasinya.
Tools dari Adobe Photoshop.
Tool dalam Adobe Photoshop adalah alat yang dapat membantu pengguna dalam mengedit. Adobe Photoshop CS3 memilikit 59 tool yang dapat dipakai oleh pengguna. Tool – tool tersebut terdiri dari berbagai macam tool dengan kegunaan yang spesifik. Beberapa tool – tool yang ada di Photoshop antara lain :
 • History Brush Tool
 • Eraser Tool
 • Path Selection Tool
 • Direct Selection tool
 • Pen Tool
 • Shape Tool
 • Brush Tool
 • Audio Annotation Tool
 • Eyedropper Tool
§  Microsoft Office
Software ini berfungsi sebagai pendataan dimana dalam microsoft office ini terdapat
-          Microsoft office word 2007
Untuk word kita dapat menggunakannya sebagai software untuk membuat proposal atau makalah.
-          Microsoft office excel 2007
Untuk proses pendataan secara aritmatika dimana pada bisnis EO ini digunakan di bagian keuangan agar tidak terjadi kesalahan dalam anggaran.
-          Microsoft office PowerPoint 2007
Sebagai software yang diguanakan pada saat persentasi ke klien.
-          Microsoft office Access 2007
Suatu program aplikasi basis data komputer relasional yang digunakan untuk merancang, membuat dan mengolah berbagai jenis data dengan kapasitas yang besar.
V.                Penutup
Dari apa yang sudah dibahas diatas ada beberapa yang dapat disimpulkan bahwa, pembuatan jasa atau produk yang diinginkan oleh konsumen harus menjadi fokus kegiatan operasional maupun perencanaan sebuah EO. Kualitas dan harga menjadi faktor yang sangat penting dalam mendapatkan klien. Pekerjaan yang mampu menghasilkan produk yang bagus tentu didukung oleh Sumber Daya Manusia yang memadai. Pemasaran yang berkesinambungan harus adanya kordinasi yang baik dengan berbagai pihak ( tidak hanya dibagian pemasaran saja ), sehingga dapat menciptakan sinergi di dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran. Proses pemasaran yang baik akan mempengaruhi dalam mendapatkan kontrak kerja dari klien. Sistem operasi windows 7 bisnis EO ini akan membantu cara kerja EO dimana seperti yang dijelaskan tadi untuk mengedit, mendata dan mendesign diperlukan sistem operasi windows 7.











Daftar Pustaka
          











Tidak ada komentar:

Posting Komentar