Powered By Blogger

Senin, 19 September 2016

Wonder Woman For My Life ((My Best Mother In da World))


Hallo blogger....udah lama kaga ngepost nih,iyee belum ada tugas lagi soalnya. Nanti mah klo ada tugas baru kelebekan gue :-D


Gue mau cerita nih pengalaman yang sangat amat memilukan namun berakhir bahagia semoga aja gak ada cerita kelam lagi..Amiinn
Bulan desember 2013 pas gue lagi UTS ada hari yang kosong jadwal ujian, gue diminta nyokap buat anterin ke RS. Persahabatan awalnya gue gatau mau ngapain nyokap kesana. Tau2nya nyokap mau medical check up karena ada something wrong yang dia rasakan... hari pertama nganterin belum tau hasilnya karena hasilnya baru bisa diambil 2 hari kemudian. 2 hari kemudian gue ama nyokap kesana lagi buat ngambil hasil lab, nyokap nyuruh gue yg ambil hasil labnya di bagian lab. Pas gue dikasih hasilnya gue buka dulu sambil jalan pelan sebelum gue kasih ke nyokap pas dibuka ada tulisan “Positif Kanker Rahim/Serviks Stadium 2 A” tersontak langsung berenti gue, gatau apa yang ada dipikiran gue langsung amburegul (bahasa gaul sekarang) bayangan langsung kemana-mana. Yaudah pas gue udah tau hasilnya gue lipet lagi terus gue kasih nyokap gue pura-pura belum tau, pas nyokap buka terus baca...dia bilang ke gue gini “Astaghfirulloh dek,mamah kena kanker rahim stadium 2A......(sambil matanya berkaca-kaca)” gue langsung drop dan coba buat tahan air mata supaya kaga keluar di depan nyokap. Itu moment yg buat gue biasanya ketawa,seneng terus,ngelucu terus tiba-tiba jadi diem kaku cem kerah kemeja baru. Setelah ngeliat hasil lab itu nyokap pengen konsultasi ke dokter spesialis kanker serviks sayangnya hari itu jadwal kerja si dokter itu sudah selesai. Sebelum pulang kerumah nyokap bilang begini “Dek,jangan bilang-bilang ke keluarga dulu ya kalo mama kena penyakit ini..” ini yang gue salutin dari nyokap gue musibah seberat itu dia tetep coba untuk tutupin dulu biar keluarga yang lain ga khawatir dan cemas. How Stronger My wonder woman and super hero in my life :--‘’))

Beberapa hari kemudian nyokap konsul dengan dokter bareng ayah dan disana katanya nyokap gue harus di Kemotrapi,karena sudah masuk Stadium 2A. Ya kemotrapi yang biasanya gue denger cuman di film atau sinetron kali ini gue denger buat nyokap gue sendiri...buat pengobatannya sendiri, satu yang gue takut dari kemo adalah nyokap bakalan botak,dan pastinya sakit pas dia lagi di kemo,dan itu dilakukan 5 hari dalam seminggu dari senin s/d jumat. Nyokap juga bilang gini “dek,nanti pas mamah di kemo kamu tolong jagain malik dirumah ya(malik adek gue yang paling kecil saat itu dia baru usia 3thn),bilang aja mama lagi pergi ke jawa...(dhuarrr...pengen nangis lagi gue denger ginian)” nyokap rencana mulai kemo tanggal 20an bulan januari 2014 soalnya ayah juga lagi sibuk karena sodaranya ada yang calonin diri jadi lurah di kampungnya.
Well januari pertengahan nyokap udah mau mulai terbuka ke keluarga dan sodara kalau dia kena kanker serviks, untungnya ada salah satu tante nyokap gue nyaranin buat jangan terpaku dengan satu hasil dari RS. Dan nyokap di recomend ke RSCM Kencana. Akhirnya kesanalah gue kasana sama nyokap,RSnya mewah bagus pasti biayanya ga murah kalo ngapa2in disini. Setelah nyokap nunggu akhirnya dipanggil nyokap pas diperiksa di RSCM ini nyokap cmn di deteksi Kanker Serviks Stadium 1B dan kata dookter nyokap bisa di operasi tapi harus pengangkatan rahim. Gue sempet sedih juga denger ini berarti nanti nyokap ga bakalan bisa punya anak lagi.
Singkat cerita Ayah,Nyokap setuju buat operasi pengangkatan rahim itu di RSCM dan nyokap ngebatalin buat kemo di RS sebelumnya. Nyokap dijadwalin operasi tanggal 5 Februari 2014 nyokap bilang insyaallah siap dan kuat. Tibalah waktunya tanggal 5 nyokap dijemput oleh salah satu staff dari kamar rawat jam 11:00 siang. kabarnya buat operasi pengangkatan rahim paling sebentar 5 Jam paling lama 8 jam-an . disitu baru ada gua doang keluarganya, ayah gue kerja dan dia sudah ijin dalam perjalanan ke RSCM sepupu dan tantenya nyokap juga lagi otw ke RSCM. Teng jam set12 nyokap udah dipanggil disuruh kedalam ruang operasi udah lengkap pake baju buat operasi yang warna ijo gitu, dan salah satu dokter yang bertugas bilang gini “dek,ga ada yang mau diucapin buat mamahnya?” gue bilang “mah sukses ya operasinya semoga lancar..(sambil salim)” disitu gue tahan nangis lagi....anyway wajar kan laki-laki nangis dalam kondisi kaya gini?
Setelah beberapa jam berjalan operasinya, Jam 3 gue dipanggil disuruh ambil darah di bank darah karena nyokap kekurangan darah. Untungnya pas itu sodara-sodara nyokap udah mulai dateng dan gue sedikti lega dan gak panik lagi. Stelah nunggu lumayan 20menitan akhirnya gue dapet darahnya dan gue langsung kasih ke bagian ruang operasi. Maghrib gue dan sepupu nyokap dipanggil kedalam buat dijelasin hasil operasinya,dijelasin lah rahimnya yg udah dibungkus plastik itu ke gue dan sodara gue. Finally setelah 7jam nyokap didalem nyokap udah keluar dari ruang operasi tapi nyokap langusng dibawa ke ICU karena keadaannya drop dan obat biusnya udah abis kayanya karena nyokap menggigil pas keluar ruang operasi itu. Ayah dan Om gue bisa masuk buat liat keadaanya nyokap pasca operasi. Kata ayah mamah masih menggigil terus,sayangnya pas gue coba buat masuk mau liat keadaannya gue dilarang karena bukan jam besuknya. Akhirnya jam 10an keluarga dibolehin masuk dan gue masuk gue ga tega liat nyokap banyak kabel di badannya, nyokap pas gue besuk dia udah ga menggigil lagi udah mendingan udah siuman juga...abis tidur katanya dia, gue disana gabisa nahan air mata gue cuman cium kening sambil bilang mamah yang kuat ya. Langsung gue keluar gua ga kuat liat nyokap dalam keadaan seperti itu. Sampe2 perawat yang jaga di ICU bilang “sebentar aja mas?”...”iya mba,saya ga tega liat mamah begitu” langsung gue keluar ruang ICU itu. Ini moment yang gabakalan terlupakan buat gue sebab besoknya atau tanggal 6 februari 2014 gue ulang tahun yang ke-19 dan kado spesialnya gue ngejagain nyokap dari sebelum operasi sampe nungguin dia di ICU.

Tanggal 6 siang nyokap udah bisa dikeluarin dari ICU terus dipindahin ke ruang rawat inap perasaan gue jauh lebih tenang dan seneng. 
Nyokap sama sekali ga inget kalo hari itu gue ulang tahun. Baru tanggal 7 pas gue ada jadwal ujian gue tukeran shift buat jagain nyokap sama abang gue.  Tanggal 8 februari gue kedatengan temen kampus (adi,wahid)mau jenguk nyokap di RS yaudeh datenglah dia terus ternyata dia sekongkol sama nyokap gua mau bikin surprise buat gue dirumah sampe-sampe nyokap rela ditinggal sendiri di RS dan nyuruh gue buat pulang dengan alesan gue di tanyain ayah suruh pulang. Eh taunya pas gue nyampe rumah di rumah udah pada ngumpul temen-temen gue(banyak). Sumpah kaga kepikiran sama sekali kalo mereka pada ngasih surprise hahahaha...lebayyyy
Anyway thanks buat semuanya udah ngasih support,ngasih surprise maap baru bisa kepost sekarang. Baru ada waktu kosong sekarang....|gaya mu nak cem artis papan atas....|
Oh iya setelah nyokap pulang dari RS nyokap konsul lagi ke dokter disuruh dokternya,dan nyokap disuruh buat sinar luar dan sinar dalam buat ngilangin bakteri2 yang takutnya jatoh pas operasi pengangkatan rahim kemaren. Sinar luar gue lupa berapa kali yang jelas lebih dari 15 hari nah untuk sinar dalam itu 3 kali. Waktu terus berlalu sampe sekarang bulan september alhamdulillah nyokap keadaannya baik-baik aja...cuman nyokap beberapa bulan lalu pasca sinar dalam dan luar sempet bilang “dek,rambut mama rontok-rontok nih...” disini gue terharu lagi dengernya nyokap ngomong begitu.

Tapi sekarang semuanya sudah baik-baik saja...do’a gue buat nyokap semoga nyokap panjang umur sampe bisa melihat kesuksesan gue masa depan gue pengen bahagian nyokap dengan hasil kerja keras gue sendiri......amiinnn 


NB : Tulisan ini gue buat bulan September, 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar